Minggu, 23 November 2008

Harvest Moon

HARVEST MOON: FRIENDS OF MINERAL TOWN

Harvest moon: Friends Of Mineral Town merupakan salag satu jenis dari games harvest moon lainnya. Game ini dapat dimainkan melalui GBA (Game Boy Advance). Pada game Harvest Moon ini target yang harus dicapai adalah dalam mengurus ladang, bertani, dan beternak. Selain itu kalian akan melakukan interaksi dengan warga yang lain dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat termasuk memiliki hubungan spesial dengan seorang gadis yang nantinya bisa dijadikan istri dan membangun sebuah rumah tangga.

Mineral Town tersusun atas kota yang berada di utara, ladang kalian di tengah, dan gunung dan area tambang di sebelah barat daya. Di sana ada beberapa yang harus dilakukan di setiap area, tetapi tujuan utamamu adalah untuk menjadi seorang petani yang sukses. Hasil panen merupakan penghasilan utama kalian. Tetapi sebelumnya kalian harus melakukan beberapa tahap seperti menyiapkan ladang kalian dengan menggunakan cangkul dan membersihkan lahan dari kayu dan batu. Setelah itu kalian bisa mulai menanam bibit-bibit yang kalian beli di supermarket dengan menggunakan tombol A, kemudian kalian siram dengan menggunakan watering can. Ketika kalian sudah mulai beternak sapi ataupun domba, maka kalian perlu memiliki peralatan tambahan seperti sikat, pemerah susu, bel/lonceng, dan juga gunting.

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah bahwa waktu dalam game ini tiap harinya mengalami pergantian dari pagi hingga malam hingga esok harinya lagi, di mana hal ini mirip sekali dengan waktu di dunia nyata. Sekitar jam 9 malam kalian harus tidur, jika tidak kalian akan oversleep di hari esoknya. Waktu tidak akan berjalan jika kalian berada di dalam ruangan, seperti di kandang, supermarket, atau di rumah-rumah tetangga yang lain.

Pada game ini, kalian dapat meng-upgrade semua peralatan, sehingga peralatan kalian bisa menjadi lebih berkualitas dan menghemat banyak waktu. Kalian bisa memperoleh uang dari hasil panen, dan uang tersebut dapat kalian gunakan untuk merenovasi rumah, kandang ayam, ataupun kandang sapi. Dari waktu ke waktu kalian bisa mengisi rumah kalian dengan beberapa benda seperti televisi, lemari es, lemari, dapur, dan kamar mandi. Semua itu merupakan salah satu syarat bila kalian ingin membina sebuah keluarga.

Di dekat kolam air terjun terdapat hot spring yang sangat berguna untuk memulihkan stamina kita. Sehingga kita memperoleh energi lagi untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. Di atas gereja sebelah kiri terdapat gubuk kecil tempat di mana harvest sprites tinggal. Mereka dapat membantu kalian dalam mengurus pertanian/ladang. Namun sebelumnya kalian harus menjalin hubungan persahabatan terlebih dahulu baru mereka mau membantu kalian.

Dalam game Friends of Mineral Town ini permainannya bisa dikatakan lebih kompleks. Selain bertani, kalian juga harus meningkatkan peternakan dan juga hubungan (relationship) dengan hewan ternak, anjing dan kuda peliharaan kalian. Dengan hewan ternak yang selalu bahagia dapat menghasilkan kualitas telur, susu, dan bulu terbaik dan itu dapat menghasilkan lebih banyak uang. Untuk menjaga agar hewan kalian tetap dalam keadaan sehat dan senang kalian harus mengajak mereka bicara setiap hari dan menggosok tubuhnya.

Untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat atau penduduk yang lain kalian bisa memberikan hadiah atau beberapa makanan setiap harinya. Ini adalah cara termudah untuk bisa berteman dengan orang lain. Salah satu target yang harus diraih adalah mempunya hubungan yang baik dengan orang-orang di desa.

Orang-orang yang tinggal di dekat kota juga mempunyai peran yang amat besar dalam game ini, karena mereka lah yang akan membantu kalian untuk mencapai semua target. Mulai dari supermarket tempat kalian membeli bibit, bahan makanan, dan rumput, serta tempat kita membeli hewan ternak dan meng-upgrade peralatan kita. Untuk kita harus menjaga hubungan dengan mereka dengan sering mengucapkan salam serta memberi beberapa hadiah atau makanan.

Selain dari hasil panen dan juga ternak, kalian bisa mendapatkan uang tambahan dari menambang, memancing, dan juga mengumpulkan tumbuhan-tumbuhan obat. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan penghasilan kalian.

Target lain yang harus dicapai adalah membina keluarga. Di game ini ada 6 gadis yang dapat kalian dekati dan kalian ambil hatinya kemudian kalian nikahi. Keenam gadis tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda. Untuk dapat mengambil hatinya, kalian harus mengetahui apa yang ia sukai dan apa yang ia benci. Cara cepat untuk mengambil hatinya adalah dengan memberikannya sesuatu yang sangat ia senangi setiap hari, dan jangan lupa untuk membina hubungan yang baik dengan keluarganya.

Dalam mengambil hati para gadis terdapat beberapa tingkatan warna hati gadis tersebut yang menandakan perasaan gadis tersebut kepada kita. Tingkatan warna tersebit adalah dari abu-abu menjadi ungu, biru, hijau, kuning, orange, dan yang terakhir adalah merah. Saat hati gadis tersebut merah maka kita sudah bisa untuk melamarnya menjadi isteri. Namun sebelumnya ada beberapa yang harus dipenuhi terlebih dahulu, diantaranya adalah sudah merenovasi rumah sebanyak dua kali. Sudah mempunyai tempat tidur yang besar, dapur, kamar mandi, lemari es, lemari, cermin, jam, dll. Ketika sudah terpenuhi, pergilah ke supermarket dan belilah blua feather untuk melamar gadis tersebut. Kemudian berikan blue feather tersebut kepada gadis yang berhati merah, maka pada hari sabtu nanti kalian akan melangsungkan pernikahan di gereja.

Setelah menikah, kira-kira dua minggu istri kalian akan merasa tidak enak badan dan ingin pergi ke dokter. Setelah diperiksa ternyata istri kalian sedang mengandung. Setelah event tersebut, kalian harus melewati 2 musim baru bayi kalian akan lahir.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

bayinya itu yang di more friend mineral town gimana cara ngerawatnya kok hatiya bayinya berkurang di gendong nggak bisa gimana dong?

Yes_Virgo mengatakan...

maaf y baru blz,,

coba aja kamu kasih makanan kaya honey, chocolate, atau milk..,

GameHouse

Deliciou Deluxe

Cooking Academy

Cooking Academy